Lampu PJU Tenaga Surya

Lampu PJU Tenaga Surya

Penerangan jalan sangatlah diperlukan mulai dari perkotaan sampai pedalaman. Lampu penerangan jalan (PJU) umumnya menggunakan pasokkan listrik PLN. Namun saat ini lampu PJU menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi. Berbasis LED menggunakan daya yang lebih sedikit.

Lampu penerangan jalan (PJU) LED dengan panel surya / solar cell sebagai sumber listrik. PJU tenga matahari tidak membutuhkan kabel listrik. Sangat cocok untuk daerah yang jauh dari jangkauan listrik, instalasi kabel listrik menjadi tidak ekonomis, dan kemudahan instalasi.

Beberapa pertimbangan penggunaan lampu jalan berbasis panel surya / solar cell dan LED:

* Daya tahan perangkat panel surya / solar cell dan lampu LED
* Tanpa jaringan kabel listrik, bersifat mandiri, menggunakan tenaga matahari
* Tidak merusak fasilitas dengan penggalian kabel
* Tanpa perawatan
* Instalasi sangat mudah
* Kemudahan pemindahan

Lampu penerangan jalan (PJU) tenaga matahari mempunyai ketinggian tiang yang berbeda-beda, mulai dari 5m s/d 14m. Jarak antar tiang juga bervariasi mulai dari 15m s/d 40m. Jarak antar tiang tergantung ketinggian tiang, jenis lampu, dan cahaya yang dibutuhkan (brightness).

Warna cahaya yang dipilih lampu penerangan jalan biasanya yang tergolong ‘warm light’ bukan ‘cool light’. Cool light atau identik dengan warna putih sepintas jauh lebih terang, tetapi untuk cuaca buruk seperti asap, kabut, hujan gerimis maupun hujan deras warna ‘cool light’ sangat tidak dianjurkan. Sedangkan ‘warm light’ yang identik dengan warna kuning dipilih karena masalah safety. Dalam kondisi cuaca buruk maka warna kuning masih dapat tembus sampai ke retina mata kita.

Terang tidaknya suatu penerangan biasanya diukur dalam satuan lumen yang merupakan satuan luminasi flux. Sedangkan bila perangkat penerangannya sudah terpasang maka kekuatan cahaya ( illuminasi rata-rata ) yang sampai ke obyek biasanya diukur dalam satuan lux atau lumen/m2. Untuk aplikasi Penerangan Jalan Umum (PJU) biasanya diukur dalam lux per berapa meter ketinggian sumber cahaya ke alat ukur. Contoh PJU yang mempunyai luminasi flux sebesar 6075 lumen mempunyai illuminasi rata-rata 15 lux / 10m.

Untuk mengakomodasi penghematan energi untuk lampu penerangan jalan (PJU), lampu hemat energi dengan lifetime yang lama maka dipakailah teknologi LED untuk PJU. Daya tahannya bisa s/d 50.000 jam dengan sumber daya DC, bandingkan dengan lampu hemat energi AC buatan merk terkenal yang notabene cuma bisa bertahan beberapa ribu jam saja dengan pemakaian daya yang lebih besar. Dengan lamanya interval penggantian lampu berarti juga menghemat biaya operasional untuk ongkos jasa penggantian bola lampunya saja.

Penerangan Jalan Umum 40W

Lampu LED mono 40 Watt
Panel Surya 80 WP
Battery Control Unit BCU
2 Battery VRLA 12 V 65 Ampere

1 Box Battery Anti Karat
1 Tiang 9M
2 Kabel Instalasi 2,5 mm

Author Bio

admin

Kami menyediakan produk dan kelengkapan tenaga surya baik untuk pemakaian personal maupun kerja sama dibidang project tenaga surya, Dapatkan penawaran manarik dengan harga terbaik, Call Now 081 2356 4787