Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang saat ini tengah dikembangkan di Sumatra Utara diberhentikan. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sudah tidak efektif dan masyarakat medan ternyata tidak siap untuk menerimanya.

Selain itu, dmenurut masyarakat saat ini terjadi kompetisi antarprodusen perangkat PLTS. Akibatnya, suatu perangkat PLTS seperti aki atau bola lampu yang diproduksi suatu perusahaan bisa saja tidak dapat diganti dengan produk dari perusahaan lain.

“Padahal perusahaan atau produk tersebut bisa saja sudah tidak ada di Sumut atau bahkan di Indonesia, sehingga masyarakat sulit mendapatkan produknya. Karena itu kami mohon proyek PLTS ini ditinjau ulang,” katanya.

PLTS dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penghasil listrik, dimana alat utama untuk menangkap, mengubah dan menghasilkan listrik adalah photovoltaic atau yang secara umum disebut modul solar cell.

Dengan alat tersebut, sinar matahari diubah menjadi listrik melalui proses aliran-aliran elektron negatif dan positif di dalam cell modul tersebut. Hasil dari aliran elektron-elektron akan menjadi listrik yang dapat langsung dimanfaatkan untuk mengisi aki sesuai tegangan dan amper yang diperlukan.

Menanggapi hal itu, Untungta Kaban memaparkan bahwa PLTS masih menjadi salah satu program yang terus dijalankan untuk menerangi desa yang belum teraliri listrik PLN.

Pada tahun ini, Distamben Sumut merencanakan pemasangan 90 unit PTLS. Sementara selama 2010 rata-rata dipasang 85 unit PLTS di desa yang belum dialiri listirk di tiga kabupaten, yakni Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Padang Lawas Utara.

Author Bio

admin

Kami menyediakan produk dan kelengkapan tenaga surya baik untuk pemakaian personal maupun kerja sama dibidang project tenaga surya, Dapatkan penawaran manarik dengan harga terbaik, Call Now 081 2356 4787